Monday

Primadona Tana Toraja

Keramaian di Pasar Bolu

Di berbagai daerah di Indonesia, kerbau merupakan hewan yang sering digunakan tenaganya untuk membantu aktivitas manusia, salah satunya adalah membajak sawah. Hal yang berbeda kami temui ketika di Toraja, tidak hanya sebagai hewan pembajak sawah, Kerbau di Toraja merupakan hewan yang dianggap sangat istimewa sehingga dihargai lebih setara bahkan jauh lebih mahal daripada harga sebuah mobil atau rumah. Kerbau adalah hewan yang menjadi primadona di Tana Toraja, hal tersebut karena kerbau merupakan hewan yang sangat berperan penting dalam berbagai upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat Tana Toraja, salah satunya upacara kematian.

Suasana depan pasar Bolu
Pasar Bolu, merupakan pasar hewan yang diadakan hanya sekali dalam seminggu. Beruntungnya, hari kedua ketika kami berada di Toraja bertepatan dengan hari pasar. Berbekal informasi yang kami dapatkan dari petugas hotel dan beberapa tamu hotel yang juga adalah wisatawan asing, kamipun menuju ke Pasar Bolu yang terletak di sebelah Utara Rantepao. Pasar Bolu merupakan pasar hewan dengan komoditi utama adalah kerbau dan babi. Kedua hewan tersebut merupakan hewan yang selalu menjadi bagian dalam berbagai upacara di Tana Toraja, babi juga menjadi makanan yang sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat Toraja dan sudah dikenal sebagai bahan utama berbagai kuliner khas Toraja.
Babi menjadi salah satu hewan yang paling banyak dijual setelah kerbau
Primadona Pasar Bolu : Kebo yang harganya 400 JUTA
Kebanyakan makanan Toraja merupakan olahan daging babi, hal ini membuat babi juga menjadi hewan yang banyak dijual


Babi di Pasar Bolu
Sapi yang dijual di Pasar Bolu 
Ketika sampai di Pasar Bolu hal menarik yang kami temui yaitu, mahalnya harga kerbau dengan jenis tertentu seperti kerbau berwarna belang yang dijual dengan harga 200juta rupiah, sedangkan kerbau biasa dijual seharga 5 sampai 10 juta. Selain kerbau dengan warna belang, jenis kerbau yang dijual dengan harga selangit lainnya, yaitu jenis kerbau albino yang dijual dengan harga 400 juta per ekor. Harga kerbau dengan warna belang dan albino sangat mahal karena kedua jenis kerbau tersebut yang kerap menjadi syarat untuk upacara kematian. Menurut salah seorang pemandu apabila ada bangsawan suku Toraja yang mengadakan upacara kematian maka jumlah kerbau yang akan menyembeli ratusan ekor babi serta kerbau dengan beberapa kerbau dengan kriteria tertentu yang sudah pasti berharga ratusan juta, jadi jangan heran kalau biaya untuk penyelenggaraan upacara kematian di Tana Toraja bisa mencapai milayaran rupiah. 

4 comments:

  1. Anonymous18:10

    BABI NYA SUPER !!! *groook*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, banget mas. gemuk gemuk :D

      Delete
  2. Wah pasar Bolu, saya ada buat juga artikel tentang tempat ini :D

    Yang pasti waktu datang ke tempat ini takjub dengan harga-harga kerbau nya yang cetar membahana. Sayang waktu kesana ga bsa liat acra rambu solo nya :(

    http://www.thedreamerblog.com

    ReplyDelete
  3. Sama sayang banget kemarin gk ngeliat acara Rambu Solo, telat sehari haha..

    http://www.littlenomadid.blogspot.com

    ReplyDelete