Sunday

Festival Sinema Prancis ke-17


Kemarin dan hari ini saya menyempatkan diri untuk menonton film di Festival Sinema Prancis yang ke-17. Sebenarnya Festival Sinema Prancis ini telah diadakan mulai bulan Desember 2012, dalam festival tersebut diputar beberapa film terbaru dari negara Prancis. Yah, filmnya pake Bahasa Prancis dong???Yaiyalah namanya juga Festival Sinema Prancis, tapiiii gak usah khawatir semua film yang diputar ada subtittle Indonesia dan Inggrisnya kok. Festival Sinema Prancis ini diadakan di 12 kota di Indonesia, Yogyakarta salah satunya mulai dari tanggal 19 sampai 20 Januari 2013. Nah, biar lebih jelas silahkan klik saja festival sinema prancis :) 

Di Festival Sinema Prancis ini saya menonton dua film yaitu Comme un Chef dan Les Lyonnais, dan kedua film ini KEREEEEN BANGEEETTT!!!

Comme un Chef
Sutradara : Daniel Cohen
Genre      : Komedi
Pemain    : Michaël Youn dan Jean Reno
Nih Trailernya  Comme un Chef

COMME UN CHEF
Film ini bercerita tentang Jacky Bonnot seorang pecinta kuliner berumur 32 tahun. Jacky mempunyai mimpi untuk menjadi chef terkenal dan mempunyai restoran ternama. Jacky mempunyai pacar yang sedang mengandung bernama Béatrice, karena pacarnya sedang hamil tua dan akan melahirkan Jacky pun bekerja menjadi chef di restoran-restoran kecil. Di restoran tempat ia bekerja Jacky selalu memasak menu-menu unik, Jacky yang sebenarnya mempunyai bakat alami dalam menciptakan masakan yang super lezat tidak dihargai bakatnya dan hasilnya dia selalu dipecat dari tempat ia bekerja karena memasak sesuatu yang dianggap tidak wajar. Sampai suatu saat Jacky menyerah untuk bekerja menjadi chef dan akhirnya bekerja sebagai tukang cat di sebuah panti jompo. Ketika bekerja sebagai tukang cat Jacky juga ikut memasak masakan untuk para lansia di panti jompo tersebut dan akhirnya bertemu seorang chef berbintang Alexandre Vauclair yang tanpa sengaja mencicipi masakan Jacky. Alexandre sendiri merupakan seorang chef berbintang yang sangat dihormati namun saat ini reputasinya dipertanyakan sebagai seorang chef berbintang 3 karena dianggap kurang inovatif. 

Pertemuan mereka di panti jompo tersebut akhirnya membawa Jacky bekerja sebagai asisten Alexandre, dan tanpa diketahui pacarnya Béatrice Jacky pun berhenti bekerja sebagai tukang cat dan bekerja tanpa bayaran sebagai asisten Alexandre. Berbagai konflik mulai terjadi mulai dari Alexandre yang tidak peduli dengan anaknya, Béatrice yang meninggalkan Jacky karena merasa dibohongi, hingga kehebohan yang terjadi ketika Jacky dan Alexandre berusaha berbagai cara untuk menciptakan menu baru untuk musim semi. Reputasi Alexandre yang dipertarukan dalam penciptaan menu baru tersebut dan sebagai chef berbintang tiga Alexandre melakukan berbagai cara untuk menciptakan menu baru tentu saja dengan bantuan Jacky. Penasaran kan gimana endingnya? silahkan tonton saja, semoga saja DVDnya rilis di Indonesia :) 

Film Comme un Chef ini adalah film berbahasa Prancis pertama yang saya tonton dan film ini sangat recommended untuk ditonton, kocak banget filmnya. 


Les Lyonnais/ A Gang Story
Sutradara : Olivier Marchal
Genre      : Drama Aksi
Pemain    : Gerard Lanvin, Tcheky Karyo, Daniel Duval, dan Dimitri Storoge.
Trailernya Les Lyonnais


LES LYONNAIS
Berbeda dengan Comme un Chef film Les Lyonnais ini filmnya tentang Geng Lyonnais yang merupakan geng mafia yang terkenal sebagai perampok yang paling ditakuti di awal tahun 70an. Momon, Suttel, Cristo dan Dany dan Nick adalah anggota geng Lyonnais. Momon dan Suttel merupakan pemimpin geng ini, persahabatan keduanya dimulai ketika mereka bertemu di penjara anak-anak. Setelah keluar dari penjara mereka berdua menjadi perampok bersama hingga akhirnya membentuk Lyonnais bersama ketiga sahabat mereka. Berbeda dengan anggota Lyonnais lainnya Momon adalah seorang yang sangat mencintai keluarganya, dia sangat setia kepada istrinya Janou dan begitu mencintai anak-anaknya. Bahkan Momon adalah anggota Lyonnais yang tidak pernah membunuh ketika mereka melakukan perampokan. 

Perampokan yang dilakukan geng ini tidak pernah meninggalkan jejak, hingga akhirnya ada seorang diantara mereka yang berkhianat sehingga semua anggota geng dijebloskan ke penjara kecuali Nick yang berhasil kabur. Dalam geng Lyonnais ada semacam peraturan  tidak tertulis kalau mereka tidak akan pernah mengadu atau mengaku tentang kejahatan mereka meskipun mereka disiksa bahkan dibunuh sekalipun. Karena berbagai kejahatan yang mereka lakukan serta penghianatan dari salah seorang anggota geng, mereka pun dipenjara selama bertahun-tahun termasuk istri Momon, Janou. 

Setelah keluar dari penjara kehidupan Momon begitu bahagia selama bertahun-tahun, dia dikaruniai 3 orang anak dan 8 cucu hingga suatu saat Suttel ditangkap oleh polisi. Saat itu Momon dan anggota geng lainnya berusaha untuk membebaskan Suttel dan membuat mereka berurusan dengan mafia-mafia yang juga mengincar Suttel. Berbagai konflik pun bermunculan mulai dari ancaman terhadap Momon dan keluarganya, Putri Suttel yang dibunuh hingga pembalasan dendam yang dilakukan oleh Momon dan Suttel kepada mafia-mafia serta Nick mantan anggota geng Lyonnais yang dianggap berkhianat. Berbagai kejadian tersebut akhirnya mengungkap siapa sebenarnya pengkhianat dalam geng Lyonnais. Nah untuk yang penasaran dengan film ini, ada juga versi Amerikanya judulnya A Gang Story dan film ini juga recommended banget!!!

Booklet dan tiket nonton Comme un Chef dan Les Lyonnais :) 


No comments:

Post a Comment