Sunday

Let's Get Started.....


Bulan November lalu saya mengikuti sebuah workshop tentang kepenulisan kreatif. Acara tersebut diselenggarain oleh Gagasmedia dan Bukune yang diadain di Gedung PLA, Fakultas Bahasa dan Seni, UNY. Pembicara yang bakalan ngisi workshop tersebut orang-orang yang pengen banget saya temui, yaitu Windy Ariestanty (Pemred Gagasmedia dan Bukune), Alanda Kariza (penulis Dream Catcher), Alit Susanto (penulis Skripshit), dan Christian Simamora (salah satu editor di Gagasmedia). Dari keempat pembicara tersebut Mbak Windy dan Alanda adalah pembicara yang menjadi alasan saya buat ikutan workshop ini. Mbak Windy selain sebagai pemred Gagasmedia dan Bukune, Mbak Windy ini penulis Life Traveler yang merupakan salah satu novel favorit saya, sedangkan Alanda siapa sih yang gak kenal sama Alanda Kariza, selain sebagai penulis, dia juga seorang aktivis yang sudah ke berbagai negara karena prestasinya, dia juga salah satu penggagas Indonesian Youth Confrence.


Alit, Christian, Alanda, Mbak Windy


Tanda tangan Mbak Windy di life traveler saya :) 


Nah, dalam workshop yang berlangsung hampir 3 jam itu, tiap pembicara memaparkan berbagai materi tentang kepenulisan kreatif, mulai dari bagaimana cara menjadi penulis yang kreatif, sampai bagaimana agar buku yang kita tulis dapat diterbitkan. Materi tentang bagaimana menulis kreatif dibawakan oleh Alanda dan Alit, sedangkan Christian mengulas tentang elemen-elemen yang ada dalam sebuah novel fiksi, dan Mbak Windy memaparkan tentang kiat-kiat agar sebuah tulisan dapat dijadikan buku dan diterbitkan. Yang saya ingat banget, adalah ketika Mbak Windy ngomong kalo menulis itu adalah sesuatu yang harus dilatih, ga ada orang yang lahir di dunia ini langsung bisa nulis, bakat itu diasah bukan didapat gitu aja. Selain itu, Mbak Windy juga ngasih saran buat penulis pemula untuk tulis aja apa yang kalian suka atau yang kalian tahu dulu dan selalu konsisten dalam menulis. Kata-kata Mbak Windy tersebut bikin saya kayak ditepuk pundaknya dan langsung punya niat buat mulai untuk rajin menulis. 

November…Desember….

Niat buat mulai rajin nulis tinggal niat, no action. Selama dua bulan belakangan ini saya memang menyibukan diri dengan diam doang dirumah sampai dikira temen-temen kampus lagi gak di Jogja karena gak pernah ke kampus. Sampai pada sabtu malam kemarin, ketika bertemu teman saya yang menyinggung tentang hobi saya jalan-jalan, dan menanyakan apakah saya punya blog. Sebenarnya saya sudah menuliskan beberapa cerita jalan-jalan saya di tumblr saya, namun saya memang belum konsisten untuk terus menulis, dan sejak malam itu niat yang sempat menggunung itu muncul kembali untuk mulai kosisten dalam menulis. Akhirnya saya memutuskan untuk menjadikan blog ini sebagai wadah cerita jalan-jalan saya sedangkan tumblr hanya sebagai photoblog dan seperti kata Mbak Windy mulai dulu dari apa yang saya suka, jalan-jalan. So, lets' get started….

No comments:

Post a Comment